Server Monitoring Tools Gratis Terbaik yang Bisa Dicoba

Server Monitoring Tools

Server monitoring tools memang menjadi kebutuhan memantau sumber daya sistem server. Bagi yang membutuhkan daftar monitoring tools terbaik.

Rumahhost sudah menyiapkannya dalam bentuk beberapa penjelasan. Ketahui apa saja server monitoring tools gratis yang terbaik untuk kamu, para developer.

Pengertian Server Monitoring

Server Monitoring adalah proses untuk memantau sumber daya sistem server semacam CPU Usage, Memory Consumption, I/O, Network, Disk Usage dan lain sebagainya.

Server monitoring ini bisa membantu Anda dalam memahami penggunaan sumber daya sistem server seperti apa yang mampu membantu Anda meningkatkan capacity plan dan memberikan juga hasil yang lebih baik, terutama terkait end-user experience.

Daftar Server Monitoring Tools Gratis Terbaik

Mengelola server dengan jumlah yang terus meningkat seiring dengan sumber daya yang terbatas merupakan tantangan besar bagi server monitoring. Dengan jumlah sumber daya yang terbatas monitoring server bisa jadi sulit untuk di lakukan.

Berikut ini Daftar Server Monitoring Tools Gratis Terbaik yang akan membuat anda semakin mudah dalam pengelolaan yang anda ingingkan.

Server & Application Monitor

Tools satu ini tersedia bagi Anda secara gratis selama 30 hari masa uji coba (free-trial). Server & Application Monitor ini memberikan lebih dari sekadar tools basic yang kebanyakan beredar di internet.

Tools yang biasa di sebut dengan singkatan SAM ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring yang out-of-the-box. Cobalah untuk menguliknya, Anda akan mengetahui keunikan dari tools satu ini di banding server monitoring tools pasaran lainnya.

AppOptics

Tools satu ini juga tersedia gratis selama 14 hari masa percobaan (free trial). Hal ini sebenarnya wajar karena Anda pastinya membutuhkan server monitoring tools terpercaya yang akurat. Nah, Anda bisa juga coba AppOptics dan eksplor apa saja fitur terbaik dari tools ini.

Jika Anda mencari tools yang bagus dengan harga terjangkau, AppOptics bisa jadi pilihan Anda. Tools ini bisa di katakan powerful dengan fokus utamanya sebagai SaaS application monitoring tool.

Bahkan AppOptics ini bisa di integrasikan dengan tools lain yang sudah Anda gunakan, tersedia 150 lebih integrations dan juga plugins.

Monitor.Us

Ini adalah server monitoring tools gratis berbasis cloud dari TeamViewer (jika Anda pernah belum pernah mendengarnya, TeamViewer ini sendiri memungkinkan Anda untuk berbagi layar secara jarak jauh dengan pengguna CPU lain). Monitor.us ini mampu memantau server dari Windows dan Linux secara gratis.

Tools satu ini juga bisa memberi Anda pandangan tentang kesehatan dan ketersediaan workstation serta server Anda, termasuk juga CPU, memori, disk, dan bandwidth.

Nagios Core

Hal pertama yang paling menonjol dari tools gratis satu ini secara sekilas adalah kesederhanaan tampilannya yang membuatnya tak terlalu mendistraksi dari tujuan utama server monitoring tools.

Nagios Core sudah banyak sekali sebenarnya di pakai oleh para developer di seluruh dunia karena sifatnya yang open-source. Banyak pakar IT yang bilang kalau tools satu ini secara budget paling efektif, mudah di kustomisasi sesuai keperluan dan bila Anda mengalami kesulitan sudah ada komunitas yang kuat untuk mendukung.

Tinggalkan Balasan