Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Server VPS untuk Website Anda

server vps

Ada berbagai pilihan server yang bisa dipilih oleh para pemilik website sebelum membangun situsnya. Memang saat membuat sebuah website untuk berbagai keperluan, maka Anda ingin hosting terbaik. Hal ini bertujuan supaya semua urusan yang berlangsung dalam website berjalan lebih lancar.

Salah satu rekomendasi server yang banyak dipilih oleh pemilik website adalah VPS. Sebagai informasi, VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server.  Banyak orang yang memilih VPS karena kelebihan di dalamnya.

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Server VPS untuk Situs

Meskipun server VPS mempunyai banyak kelebihan, bukan berarti layanan tersebut tak lepas dari  kekurangannya. Bagi Anda yang berencana membeli server ini tak ada salahnya untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan layanan tersebut. Untuk informasi selengkapnya, silahkan Anda simak kelebihan dan kekurangan VPS di bawah ini.

Kelebihan Server VPS untuk Website

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh server VPS antara lain:

1.       Fungsinya Beragam

Kelebihan dari server VPS yang pertama adalah banyak kegunaan dari layanan tersebut. Bahkan bisa dibilang bahwa VPS bersifat serbaguna. Ini karena di dalamnya Anda dapat memakai VPS sebagai alternatif dari VPN.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan VPS untuk server uji coba software atau aplikasi yang tengah dikembangkan. Bahkan pemilik website juga bisa menyimpan file hosting, sampai private backup.

2.       Memiliki Resource yang Lebih Baik

Bagi Anda yang menggunakan server VPS, maka akan merasakan resource yang lebih baik. Dengan begitu, resource yang berupa CPU, RAM, dan Bandwidth bisa Anda gunakan sendiri sepenuhnya. Resource tersebut pun tak tercampur atau harus berbagi dengan pengguna lain.

Hal ini akan membuat performa website Anda menjadi lebih baik lagi.

3.       Kapasitas Server Fleksibel

Server ini mempunyai kapasitas server yang fleksibel. Ini memungknkan Anda dapat melakukan penambahan atau pengurangan berdasarkan kebutuhan. Pasalnya pemilik situs dapat memakai server ini secara pribadi.

Sebagai  pemilik situs, Anda pun bisa memakai server VPS sebebas mungkin dalam mengatur kapasitasnya. Apabila kapasitas server penuh, maka bisa melakukan scaling. Dengan begitu, masih ada ruang yang berguna untuk menyimpan file hosting.

Kekurangan dari Server VPS

Sementara itu, beberapa kekurangan yang ada di server VPS antara lain:

1.       Biaya Lebih Mahal Dibandingkan Shared Hosting

Memang VPS server mempunyai biaya berlangganan yang lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting. Tetapi biaya itu sepadan dengan tingkat privasi pengguna yang lebih eksklusif dan fiturnya lengkap. Oleh sebab itu, penting untuk memilih layanan hosting terbaik yang harganya cukup terjangkau.

2.       Harus Mempunyai Keahlian Teknis

Kebebasan untuk kontrol dan pengubahan pengaturan di bermacam aspek yang ditawarkan VPS pembuatannya memerlukan skill tinggi. Hal ini pun menuntut para pengguna untuk memahami pengetahuan secara teknis dalam pengoperasian server dengan sangat baik.

Apalagi, server merupakan bagian vital dan akan berpengaruh terhadap kinerja semua situs dan aplikasi pengguna. Bahkan satu kesalahan saja yang bisa dilakukan, maka proses konfigurasi bisa berakibat fatal. Apabila tidak memiliki kemampuan mumpuni, maka sewa tim khusus yang membutuhkan biaya lebih tinggi.

Oleh sebab itu, penting untuk Anda memilih perusahaan VPS yang menyediakan layanan tim khusus dengan harga terjangkau. Hal ini akan membantu Anda untuk mengatasi semua masalah dalam website. Itulah informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari server VPS yang penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan. Dengan informasi tersebut, diharapkan Anda bisa memilih server terbaik dan sesuai berdasarkan kebutuhan.

RH Writers
WRITTEN BY

RH Writers

YUk!! Temukan Tips dan Ide Mnarik bersama #RHWriters.

Tinggalkan Balasan