Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai VPS Hosting

Hal Yang Perlu Anda Tahu Mengenai VPS Hosting

VPS Hosting adalah sebuah server virtual pribadi yang keseluruhan teknologi dan kemampuannya di gunakan oleh satu pengguna saja.

Berbeda dengan pengguna server bersama (shared hosting), seorang pengguna VPS dapat mengubah berbagai pengaturan dan konfigurasi dari server tersebut sesuai kebutuhannya.

Jika di bandingkan dengan shared hosting, VPS menawarkan kualitas jaringan yang lebih stabil dan aman karena semua resource yang ada pada server hanya dapat di akses oleh satu pengguna saja.

Pada umumnya, VPS sering di gunakan oleh pemilik website dengan traffic menengah-tinggi yang sudah melewati batas yang di tawarkan oleh layanan shared hosting.

Fungsi VPS

Tahukah anda bahwa sebagian besar website yang anda kunjungi berada pada satu server yang sama? Situs-situs tersebut seringkali di simpan pada sebuah Virtual Private Server (VPS).

Berikut ini merupakan beberapa fungsi VPS yang bisa anda ketahui sebelum membuat website.

Web Hosting

Sebagian besar pengguna memfungsikan VPS sebagai server untuk sebuah website atau di sebut juga dengan web hosting. Pada umumnya, website dengan volume traffic kecil tidak memerlukan resource yang terlalu besar.

Tetapi ketika website tersebut sudah memiliki traffic yang cukup besar. Seringkali pengelola website tersebut akan beralih ke VPS yang memiliki resource dan spesifikasi hardware yang lebih memadai di bandingkan shared hosting.

File Hosting

Selain untuk menyimpan file halaman website, VPS juga dapat di gunakan untuk menyimpan file pribadi agar dapat di akses secara online melalui koneksi internet.

Sebagian besar layanan shared hosting melarang pengguna untuk menyimpan file pribadi yang tidak terkait dengan website karena dapat membebani server.

Tetapi jika anda menyewa sebuah VPS, anda dapat menggunakannya untuk menyimpan file pribadi karena resource untuk server virtual tersebut sudah sepenuhnya menjadi hak guna.

Server sebagai remote desktop

Apa itu VPS untuk remote desktop? Pada dasarnya, pengguna dapat memfungsikan VPS sebagai komputer jarak jauh yang dapat mereka gunakan kapan saja dan di mana saja.

Beberapa pengguna bahkan sering mencoba menggunakan VPS untuk menambang cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum. Tetapi sebagian besar penyedia layanan VPS melarang penggunaan server untuk mining karena risiko kerusakan hardware yang lebih tinggi.

Membuat Virtual Private Network (VPN)

Beberapa pengguna memfungsikan VPS mereka sebagai sebuah server untuk Virtual Private Network (VPN). VPN sendiri adalah sebuah jalur koneksi pribadi yang hanya dapat di akses oleh pengguna yang telah terdaftar dan memiliki akses.

Hosting Aplikasi

Para developer seringkali menyewa VPS untuk di jadikan hosting aplikasi buatan mereka. Sebagai jenis web hosting yang memiliki kapasitas besar dan hardware dengan spesifikasi tinggi, VPS tentu menjadi sebuah solusi hosting yang tepat untuk aplikasi mobile.

Sebagai backup server

Fungsi VPS lainnya adalah sebagai server cadangan. Para pengelola website, aplikasi, dan database seringkali menyewa layanan VPS sebagai server cadangan untuk menghindari kehilangan data.

Dalam lingkup server dan database, kehilangan data sering terjadi karena kesalahan konfigurasi, hacker, percobaan software baru, dan berbagai hal lainnya.

Maka dari itu, VPS dapat di gunakan sebagai server cadangan ketika server utama kehilangan data atau mengalami kesalahan yang mengharuskan penghapusan data.

Tinggalkan Balasan