Harap Tunggu

Cara Mudah Install WordPress di cPanel melalui Softaculous


Softaculous App Installer memang memudahkan pengguna CMS termasuk WordPress untuk melakukan instalasi. Namun, masih ada yang belum mengetahui bagaimana cara mudah install WordPress di cPanel melalui Softaculous. Tapi tak perlu khawatir, karena di artikel ini kamu akan menemukan caranya.

Dengan menggunakan Softaculous, kamu tak perlu menginstall secara manual dan membutuhkan proses yang panjang. Di Softaculous, kamu hanya perlu melakukan beberapa cara saja. Secara sederhana, cara yang harus dilakukan adalah dengan memasukkan data dan langsung melakukan proses instalasi saja.

Itu secara sederhana, cara lengkapnya akan dijelaskan pada bagian berikut ini.

Cara Mudah Install WordPress di cPanel melalui Softaculous

Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti untuk menginstal WordPress melalui Softaculous. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Login ke cPanel Hosting

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah login terlebih dulu ke cPanel Hosting. Kamu bisa login melalui https://namadomain/cpanel sesuai dengan yang diberikan oleh hosting yang digunakan.

  1. Pilih Softaculous Apps Installer

Setelah kamu berhasil masuk ke dalam cPanel, langkah selanjutnya adalah ketikkan pada kolom pencarian “softaculous”. Setelah mendapatkan hasilnya, pilih saja “Softaculous Apps Installer.”

  1. Pilih WordPress

Setelah kamu memilih Softaculous Apps Installer, kamu akan diarahkan ke dashboard Softaculous. Di sana, ada beberapa macam Content Management System (CMS). Kamu bisa memilih sesuai dengan yang diinginkan.

Jika kamu ingin menginstall WordPress, silakan pilih “WordPress” untuk melanjutkan proses penginstalan.

  1. Masuk ke Halaman WordPress dan Install

Setelah memilih CMS WordPress, kamu akan masuk ke halaman WordPress di Softaculous. Kamu bisa melihat fitur WordPress, screenshots, review, dan lain sebagainya. Biasanya, versi WordPress yang ada di Softaculous merupakan versi terbaru.

Silakan pilih versi WordPress terbaru lalu klik opsi “Install Now” untuk memulai proses instalasi.

  1. Pengisian Konfigurasi Website

Setelah kamu mengklik opsi Install Now, sekarang tugasmu adalah mengisi beberapa konfigurasi. Pertama, yakni di kolom Software Setup. Di bagian Choose Protocol, kamu bisa memilih protokol apa yang diinginkan.

Jika kamu menggunakan SSL, silakan isi dengan https://. Kalau tidak, biarkan saja untuk menggunakan default https://. Kemudian, pada bagian Choose Domain, silakan isi dengan nama domain yang sudah kamu miliki.

Domain tersebut, nantinya akan menjadi domain website WordPress yang dibuat. Kemudian, kosongkan bagian In Directory agar website WordPress bisa terinstall  di dalam domain secara langsung.

Setelah itu, pada kolom Site Settings, silakan masukkan Judul dan Deskripsi sesuai dengan yang diinginkan. Kamu juga bisa memilih opsi website Multisite atau tidak. Jika iya, langsung saja centang Enable Multisite (WPMU).

Selanjutnya adalah dengan memasukkan Username dan Password dari WordPress. Nantinya, Username dan Pasword tersebut bisa digunakan untuk Login ke WP-Admin atau di WP-Login.

Pilih juga Bahasa dan Plugin yang ingin digunakan. Kamu juga bisa membatasi login user WordPress dengan centang Limit Login Attempts. Jangan lupa untuk memberikan centang pada Select Plugins. Klik tanda + lalu pada menui Advance Options, silakan konfigurasi database WordPress. Jika sudah selesai, silakan klik Install.

  1. Instalasi Selesai

Setelah kamu menyelesaikan proses intalasi, maka informasi mengenai domain yang kamu gunakan akan ditampilkan. Jika ingin mengakses website, kamu bisa mengunakan URL yang ada pada informasi tersebut.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk menginstal WordPress menggunakan Softaculous. Semoga bermanfaat.